Ghee Hiang













Menurut cerita, ghee hiang ini berasal dari salah satu provinsi China, Fujian. Sudah sejak tahun 1856, penganan yang rasa dan bentuknya mirip dengan bakpia pathok ini dibawa ke daratan Malaysia, khususnya ke Penang. Saat itu, di Malaysia, mulai digalakkan pertambangan dan industri. Situasi perekonomian tengah sulit-sulitnya. Karena itulah, selain mendatangkan buruh-buruh dari China Selatan, seorang koki pastry asal Fujian juga didatangkan ke Penang, Malaysia. Koki itu disuruh menciptakan sebuah kuliner yang cukup bisa dinikmati oleh segala kalangan, khususnya oleh kalangan menengah ke bawah. Dari situlah, lahirlah ghee hiang yang awalnya bernama tau sar pneah (atau tau sar piah). 

Dilihat dari bentuk dan rasanya yang sangat mirip dengan bakpia pathok, bukan tak mungkin antara ghee hiang dan bakpia pathok itu berasal dari akar yang sama: China Daratan. Apalagi sebelum ke Malaysia, Indonesia sudah lebih dahulu kedatangan imigran-imigran dari China Daratan beribu-ribu tahun lalu. Pernah dengar lumpia (atau lunpia)? Itulah kenapa kami bilang bahwa bakpia pathok (mungkin) awalnya berasal dari China Daratan; yang memiliki akar yang sama dengan lumpia dan ghee hiang ini.











Kalau tengah mengunjungi Malaysia--khususnya Penang, jangan lupa untuk membeli dan mencicipi ghee hiang ini. Ghee hiang cukup banyak ditemukan pula. 












5 comments:

  1. *Lu pada harus mencicipi kuenya.*

    _ENAK BANGET!_

    ReplyDelete
  2. Lu pada harus mencicipi kuenya.

    ENAK BANGET!

    ReplyDelete
  3. I love this blog!! The flash up the top is awesome!! ghee manufacturers

    ReplyDelete
  4. cholesterol in the body. It also decreases the calcium deposition in the arteries.There are a lot of different Organic ghee

    ReplyDelete
  5. Excellent information on your blog, thank you for taking the time to share with us. Amazing insight you have on this, it's nice to find a website that details so much information about different artists. organic cow ghee price

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.