Eastern Kopi TM













Harga seporsi Kwetiaw Goreng Seafood di Eastern Kopi TM memang sekitar 38 ribuan. Mahal memang. Tapi sebanding kok dengan harganya. Porsinya pas, rasa pas pula. Benar-benar DEP SEDEP!












Dulu aku sering berpikir kenapa harganya bisa ngejomplang begitu. Padahal sama-sama nasi goreng, sama-sama kwetiaw, sama-sama mi goreng, sama-sama mi ayam pula. Ternyata selain karena faktor tempat, faktor cara mengolahnya juga berbeda. Bumbu-bumbunya juga khusus. Bahan-bahan pembuatannya juga beda dari yang ada di tempat-tempat kuliner yang lebih murah. Sama seperti waktu membahas AH Hamburger itu. Daging yang digunakan daging impor. Nah, Eastern Kopi TM juga sama. 












Agar bisa bertahan, apalagi usaha kuliner memang bukan usaha yang terus menerus untung (sekalinya rugi, bisa rugi banyak), para pelakunya sering melakukan apa saja agar selalu untung. Mulai dari mengutak-utak desain tempatnya agar kelihatan very catchy di mata pengunjung (jadi orang-orang selalu ingin datang lagi dan lagi, walau rasa sajian kulinernya biasa saja); permainan bumbu-bumbunya (yang biasanya bikinnya seperti ini, ditambahkan 'sesuatu' ke dalamnya; seperti dibela-belakan menggunakan daging atau bumbu masakan yang tak ada di Indonesia; kulinernya dibikin seunik mungkin, entah secara rasa, bentuk, dan nama kulinernya; hingga sampai melakukan hal paling gila (tak usah disebutkan, biar pelakunya sadar sendiri itu salah dan sangat membodohi; lagipula hal seperti itu betulan ada dan tak hanya dilakukan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah saja, yang besar malah lebih parah). 











Khusus Eastern Kopi TM, kwetiaw dan nasi gorengnya memang DEP SEDEP. Jelas kalah yang dijual di tempat-tempat kuliner yang lebih murah harga tiap kulinernya. Nasi goreng seafood-nya pun sama. Dan, Eastern Kopi TM ini memang impor, bukan franchise lokal. Selain itu, kalau mau mencicipi kuliner-kuliner yang sangat Asia, Eastern Kopi TM ini sangat layak dicoba.  Salah satu tempat kuliner berbau Asia yang layak dikunjungi. Tempatnya juga lumayan cozy buat dijadikan tempat hang-out

Eastern Kopi TM kayaknya lumayan bisa ditemukan di tiap mal, apalagi mal-mal mentereng. 






2 comments:

  1. Cocok nih buat yg suka hange-out bareng temen2 sambil ngopi2 syantik....

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.