Nasi Biryani






Nasi biryani itu.....












Nasi biryani itu,--yah seperti ini. Seperti nasi yang diberi santan dan ditambahkan banyak rempah-rempah. Sangat pedas? Pasti! Tapi sangat DEP SEDEP pula. Lumayan harum dan menggairahkan. Sangat berselera. Mungkin nasi biryani ini merupakan salah satu bukti bahwa kuliner India itu--meskipun pedas--sangat berselera.












Seperti post sebelumnya (baca: martabak India), ada daging kambingnya. Rupanya nasi biryani itu juga dimakan dengan campuran kare India yang terkenal sangat pedas. Daging kambingnya (yang dikenal dengan sebutan kebuli) sangat renyah. 

Anyway, setelah searching di Google, baru tahu, nasi biryani utamanya dicampur dengan sayuran, daging, telur, rempah-rempah, yoghurt, dan buah-buah kering. Namun saat aku makan tadi, yang terlihat dan terasa hanya rempah-rempah dan daging saja. Mana campurannya yang lainnya? Apa mungkin terselip saking mengolahnya sangat mahir? Atau nasi biryani ini versi sederhananyakah? Entahlah. Konon, cara pembuatan nasi biryani ini juga sangat sulit; tak semudah yang kita pernah bayangkan. Walau kenyataannya memang rumit jika membaca tulisan ini: cara pembuatan nasi biryani












Harga seporsinya Rp 32.000. Di mana belinya? Masih sama seperti post sebelumnya, yah di sini dong.












No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.