Pisang Goreng Kriuk Cipondoh, Tangerang













Tiap orang sepertinya menyukai penganan bernama pisang goreng. Cemilan yang termasuk ke dalam jenis jajanan kaki lima bernama gorengan itu memang mudah ditemukan di mana-mana. Di jalan-jalan (selama menemukannnya di tempat dan waktu yang tepat), kita akan bisa menemukan lima penjual gorengan, khususnya pisang goreng. Di mal-mal, kadang juga suka ada yang menjual pisang goreng. Nggak mau rugi? Bikin sendiri juga mudah, kok. Tinggal sedia pisang (yang khusus buat bikin pisang goreng yah; aku lupa namanya), tepungnya, dan minyak secukupnya. Ta-ra, pisang goreng sudah siap disajikan. 

Selain itu, pisang goreng--kadang yang aku lihat--dijual dalam bentuk yang bermacam-macam. (Anyway, aku bicara soal pisang goreng yah. Molen pisang tidak termasuk). Ada yang agak lembek. Ada yang berbentuk seperti kipas. Ada pula yang berukuran lebih kecil. Sampai ada juga pisang goreng crispy yang mulai ngetren itu di tahun 2005, waktu aku masih SMA. 

Yup, pisang goreng crispy! Pisang goreng ini dibuat dengan cara digoreng pakai tepung yang khusus digunakan buat bikin ayam goreng crispy (itu loh, ayam goreng ala KFC). Ke-DEP SEDEP-annya sangat luar biasa. Kriuk-kriuk di mulut awalnya, hingga di gigitan akhir jadi kenyal-kenyal empuk. Sensasinya seperti itulah. Maaf kalau terdengarnya tidak enak di bagian 'kenyal empuk' tersebut. Pisang goreng crispy ini aku sejak pertama icip-icip di tahun 2005 itu, sudah sangat menyukai. Pokoknya kalau ada yang menjualnya, bawaan pengin  beli itu selalu ada. Apalagi kalau ada yang membawakan oleh-oleh pisang goreng crispy. Satu kata: WUIH!

Nah, sama seperti pisang goreng pendahulunya, yang crispy ini juga masih bermacam-macam variasinya. Pernah yah, aku memakan pisang goreng crispy yang ditaburi srikaya. Gila, itu DEP SEDEP banget! Kenikmatannya tiada tara. Selain itu, belum lama ini aku menemukan pisang goreng crispy dengan rasa ovomaltine. Pisangnya itu diolesi susu ovomaltine, maksudnya. Persis seperti foto di bawah ini.  












Pisang goreng crispy rasa ovomaltine ini sangat DEP SEDEP. Ovomaltine-nya saja sudah begitu DEP SEDEP. Susu ovomaltine kan sangat luar biasa rasanya. Harganya juga lumayan mahal. Kualitas coklatnya benar-benar DEP SEDEP dan bikin ketagihan. Jauh melebihi susu Milo. Ini dipadukan pula sama pisang goreng crispy yang kriuk-kriuk itu. Tak terbayangkan kan, bagaimana saat mencicipinya?! Nah, kalau aku sendiri, benar-benar sangat puas. Makan siangku hari ini sungguh terasa istimewa sekali. Terimakasih buat "Pisang Goreng Kriuk Cipondoh" yang berada di Jalan Perdamaian, Cipondoh, Tangerang. Kalian benar-benar sangat luar biasa dalam meracik makanan yang diolah dari buah bernama pisang tersebut. Two thumbs up, deh! 

Sebetulnya "Pisang Goreng Kriuk Cipondoh" memiliki banyak variasi menu. Ada yang polos saja, rasa susu keju, rasa susu keju kacang, rasa susu keju stroberi, hingga susu keju ovomaltine oreo. Harganya bervariasi dari Rp 14.000 hingga Rp 28.000. Itu juga harga dari aplikasi delivery order macam Go-Food. Kalau datang sendiri ke gerainya, mungkin bisa beli satuan yang jelas lebih murah. Aku saja keluar uang Rp 22.000, sudah dapat sepuluh pisang goreng crispy. Berarti satuannya itu seharga Rp 2200. Murah kan? Tapi jadi mikir, mau nggak penjualnya menjualnya secara satuan? Hehe. 

Kesimpulan dari semua kesimpulan, "Pisang Goreng Kriuk Cipondoh" ini sangat layak dimasukan dalam culinary list kalian kalau tengah berkunjung ke daerah Cipondoh, Tangerang. Yang tinggal di Banjar Wijaya dan sekitarnya, pasti tahu kayaknya. 

By the way, sempat berpikir pisang goreng crispy ini tak jauh berbeda sama pisang bakar seperti foto di bawah ini. Ternyata aku salah besar. -_-













Pisang bakar yang agak terasa lembek di atas itu dijual oleh "Pempek Gama" atau "D'Grobakz'". Dan, pisangnya itu ternyata dibakar, bukan digoreng. :(






No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.