Arti Bunga - (7)







Bagian pertama: Lily dan Daisy
Bagian kedua: Krisan
Bagian ketiga: Violet
Bagian keempat: Tulip
Bagian kelima: Anggrek
Bagian keenam: Sakura











Utamanya, bunga matahari melambangkan kejujuran (honesty), kebahagiaan (happiness), dan keyakinan (faith). Kemudian, dari tiga kata utama itulah, bunga matahari jadi menyimbolkan beberapa hal lainnya seperti: keajaiban (magic), fokus, keberuntungan yang baik, penyembuhan, penyembahan (worship), fleksibilitas, pengetahuan spiritual, panjang umur, dan makanan (nourishment). Bisa dibaca di sini: Sunflower's Meaning.

Kenapa bunga matahari disebut sebagai simbol kejujuran? Itu karena berdasarkan sebuah mitologi Yunani. Diceritakan bahwa Clytie, seorang bidadari, jatuh cinta terhadap Apollo. Awalnya Apollo mencintainya balik sampai akhirnya menyelingkuhinya dengan pindah ke pelukan Leucothoe. Nah, karena kecemburuan Clytie inilah, dengan sangat jujurnya, Clytie memberitahukan pada ayah dari Leucothoe soal hubungan Leucothoe dan Apollo. Ayah Leucothoe sangat marah. Cekcoklah antara Apollo dan ayah Leucothoe. Apollo lalu tahu bahwa penyebabnya itu karena Clytie. Clytie lalu minta maaf dan berkata itu karena cintanya ke Apollo. Namun Apollo tak peduli dan mengubah Clytie menjadi bunga matahari. Versi lainnya mengatakan bahwa Apollo dan Clytie sempat berbaikan setelah Clytie berubah menjadi bunga matahari. Namun Clytie sendiri ikhlas diubah menjadi bunga matahari semata karena cintanya pada Apollo. Bunga matahari yang terus menerus memandang matahari itu sebenarnya melambangkan betapa setianya Clytie pada Apollo. Dia setia melakukan tugasnya--melaporkan dengan sangat jujur dan terbuka segala yang terjadi di Bumi pada Apollo.

Kenapa bunga matahari itu disebut sebagai simbol kebahagiaan? Itu karena karakteristik bunga matahari itu sendiri. Bunga matahari ialah salah satu bunga yang tumbuh tidak berdasarkan musim. Dia tumbuh bisa di mana saja. Bahkan bunga matahari bisa tumbuh di antara ilalang dan rumput. Itu bagaikan seseorang yang selalu senang di mana saja dan kapan saja. Tak peduli bagaimana sulitnya waktu yang ia alami, orang itu akan selalu tersenyum dan bahagia. Karena itulah juga, bunga ini sering diasosiasikan sebagai simbol persahabatan, walau arti sebenarnya bukan persahabatan. Namun dibuat seperti itu hanya untuk mengatakan bahwa persahabatan haruslah seperti  sifat bunga matahari.

Kenapa bunga matahari menjadi simbol keyakinan (faith)? Itu masih berdasarkan karakteristiknya. Dia selalu menghadap ke matahari mau bagaimanapun angin menggoyangnya. Itu seperti seseorang yang terus menerus mencari kebenaran sejati, meskipun banyak orang melecehkan, menghina, menggoyang, hingga mengintimidasinya. Oleh karena itulah, orang yang berpendirian teguh itu sering disebut sebagai bunga matahari. Dari simbol keyakinan itulah, bunga matahari juga dikenal sebagai simbol pengetahuan spiritual. Sebab pencarian spiritual  (atau Tuhan) haruslah meniru sifat bunga matahari.





Bunga berwarna merah tua itulah bunga matahari.






No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.