10 Fakta Seputar Gorengan













1. Gorengan ialah sejenis kudapan yang mungkin memang asli Indonesia. Setelah diamat-amati, memang penganan yang cara dibuatnya itu dengan menggunakan tepung lalu digoreng dengan minyak goreng yang melimpah ruah itu amat jarang ditemukan di luar Indonesia. Itulah kenapa dinamakan gorengan.

2. Gorengan salah satu kudapan yang sering dicari oleh turis dari Indonesia ketika berada di luar Indonesia. 

3. Gorengan termasuk salah satu penganan murah meriah. Mau di pedagang kaki lima, mal, hingga hotel sekalipun, tak pernah bisa membuat kantong kita kering (baca: bokek). Pernah ada satu tempe goreng yang dihargai Rp 50.000? Belum pernah, kan?! Nah!

4. Gorengan itu... makanan kecil atau apa yah? Berbeda dengan kuliner lainnya, bentuk dan rasanya sangat beraneka ragam. Ada rasa tempe, tahu, risol, pisang, gandasturi, hingga bakwan. Bahkan kue berbentuk seperti bantal pun dianggap sebagai gorengan juga. 

5. Untuk sebagian orang, gorengan dianggap makanan plastik. Alasannya: kandungan gizinya yang tidak begiti bagus. Tapi buat sebagian lainnya, itu makanan penyelamat, apalagi jika keuangan sedang tak bagus. Sudah murah meriah, bisa mengenyangkan pula (Iya, kalau makannya di atas lima! 😅).

6. Selain bisa dimakan layaknya kudapan (baca : snack), gorengan juga bisa menjadi semacam lauk. Makan tempe goreng atau bakwan saat lagi makan nasi, jelas-jelas sangat DEP SEDEP!

7. Selain harganya sangat murah, cara bikin gorengan juga sangat mudah. Tinggal sediakan tepung, telur, dan bahan-bahan lainnya (yang kebanyakan banyak tersedia dan murah), kita bisa menikmati gorengan hasil racikan sendiri. Bikinnya juga nggak lama, kok! Lima belas menit juga sudah bisa dinikmati. 

8. Untuk beberapa jenis gorengan, akan sangat lengkap jika ada sesuatu yang menjadi bumbu rahasianya. Contoh: makan tahu goreng kurang lengkap jika tanpa cabe rawit. Makan bakwan akan lebih nikmat jika pakai saus. Dan, masih 'bumbu-bumbu' lainnya. 

9. Pernah dengar pisang molen? Itu, loh, yang ada di foto. Berbeda sama molen asal Bandung, memang tak terlalu dikenal jenis gorengan bernama pisang molen. Itu sejenis gorengan di mana pisang digoreng dengan cara lain dari cara pisang goreng dibuat. Pisangnya dibalut dulu dengan lapisan tepung sebelum ditaruh dalam penggorengan. 

10. Sampai sekarang aku masih bingung gorengan itu nama Inggris-nya apa. Kebanyakan yang diartikan dalam bahasa Inggris itu salah satu jenis gorengannya. Contoh: fried tempe. Oke, itu ngasal!  😆






No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.