"My Captain Mr Underground" : Persahabatan Dua Anak Kecil & Satu Orang Dewasa



Produser: Song Chang-su
Sutradara: Chang-su Song
Pemain: Seo-hee JangJae-yeong Jeong,Soo-ho Kim, ...
Durasi: 104 menit
Genre: Drama


Film ini bermula saat sebuah patung Buddha emas kecil dicuri Dae-Chul dari sebuah situs. Demi uang yang akan didapatkannya dari seorang detektif brengsek, ia bahkan rela makan tanah (Serius, dia sampai makan tanah untuk menggali patung itu dari dalam tanah). Dunia memang kejam. Ia diperalat oleh detektif polisi yang menyuruhnya. Gara-gara detektif tersebut, ia harus hidup dalam pelarian.


Pada saat pelarian itulah, ia bertemu dengan anak perempuan yang ditinggal pergi ibunya sejak lahir. Nama anak itu, Park Jing Min. Ia hanya hidup bersama sang kakek dan anjingnya, Darling. Darling inilah yang membuat ia bersemangat menjalani hidupnya dan selalu tersenyum (Saking cintanya, ia bahkan punya pikiran untuk membuang kakeknya). Padahal ia tak hidup bersama orangtua; hanya bersama seorang tua renta yang seorang pedagang kecil. Rumahnya pun sederhana. 

Keterlibatan Dae-Chul dengan Park Jing Min ini terjadi di sebuah gua. Entah atas dasar apa, Dae-Chul memercayakan hasil curian (Patung Buddha itu) pada si gadis kecil sembari mengelabui anak itu dengan mengatakan ia itu seorang agen rahasia. Dan jadilah, patung itu berpindah tangan pada seorang anak kecil. Pihak kepolisian gagal mengungkap kasus tersebut, bahkan tak tahu bahwa detektif yang bertugas menyelidikinya ikut bermain. 


Beberapa bulan setelahnya, Dae-Chul menemui Park Jing Min untuk mengambil harta tersebut. Park menyembunyikannya dalam lokernya di kelas. Malam harinya, patung itu dicuri dan pencurinya itu ialah anak laki-laki pengidap leukemia bernama Byung-Oh. Yang menarik dari si bocah, mungkin karena penyakitnya, ia punya imajinasi bahwa dirinya itu drakula yang hidup abadi. Oke, mungkin ini obsesi terpendamnya gara-gara penyakitnya itu. 


Semenjak itulah, Dae-Chul jadi hidup bersama dengan Park Jing Min yang katanya bengal dan Byung-Oh si vampire-wannabe. Kedua anak kecil itu banyak memberikannya kerepotan, tapi juga pelajaran berharga. Banyak pengalaman yang terjadi di antara mereka.Kehadiran Dae-Chul pun membawa pengaruh positif untuk dua anak tersebut. Jing Min jadi belajar untuk jujur dan tidak nakal lagi; lalu Byung-Oh juga tak kesepian dan tak lagi berpikiran ia seorang drakula. 

Di tengah perjalanan, Dae-Chul akhirnya sadar ia selama ini diperalat reserse tersebut. Ayahnya sudah meninggal, dan ia hanya diberitahukan bahwa ayahnya masih di penjara. Dae-Chul kesal dan menyerang reserse itu. Cerita selanjutnya, mungkin karena insiden naas yang menimpa Byung-Oh, ia memutuskan mengakui kejahatannya, melaporkan si reserse, dan menyerahkan diri.

Kalau dipikir-pikir, ceritanya agak berantakan. Tak karuan. Aku saja menulisnya agak kerepotan. Mungkin karena itulah, IMDb hanya kasih nilai 5, 8. Apalagi angle-nya juga tak jauh beda dengan film-film drama Korea lainnya.

Namun ada satu nilai istimewa dan menjadi faktor utama yang membuat film ini istimewa. Aku begitu suka dengan tokoh Park Jing Min. Gadis kecil ini mengajarkan padaku, tetaplah tersenyum dan bersuka ria walau hidupmu itu menyedihkan. Gadis itu tetap tersenyum dan menikmati hari-harinya, walau tanpa kehadiran orangtua - terutama ibunya, kakeknya hanya pedagang dan tua renta, nilai sekolahnya tak terlalu bagus, hingga ia yang tak begitu punya banyak teman. Biasanya kan, anak seusia itu pasti tak akan bisa tersenyum lepas seperti itu jika mengalami nasib seperti Jing Min itu; Jing Min sendiri malah terlihat lebih dewasa dari umur sebenarnya. Maka itulah, aku kasih nilai 7. Selain itu juga terharu melihat perjuangan Dae-Chul menyelamatkan Byung-Oh yang tersekap di goa; ia sampai bela-belain makan lumpur. 

Well, walau ada pemeran anak-anaknya, film ini tak dikategorikan sebagai 'family'. Cukup banyak adegan yang tak seharusnya disaksikan. 

Moral yang bisa dipetik: kesamaan nasib bisa menciptakan solidaritas yang kuat. 

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.