"Haunter" : Keanehan dalam Sebuah Rumah


Yang namanya hal supranatural memang sulit dijelaskan. Sulit diterima akal sehat pula. Pernah ada sekelompok ilmuwan Amerika yang berusaha meneliti dan mengkaji secara ilmiah sebuah peristiwa gaib di sebuah penjara angker. Mereka seperti berusaha menjelaskan hal-hal seperti penampakan makhluk gaib atau suara-suara gaib secara ilmiah. Menggelikan. Hal-hal seperti itu sebetulnya akan selalu ada dan bukan karangan belaka.

Berbicara soal hal supranatural, baru sadar ternyata ada sebabnya mengapa kebanyakan film horor atau thriller itu membingungkan alurnya dan memiliki ultima menggantung. Yah karena memang hal supranatural susah dijelaskan secara akal sehat. Tidak logis. Begitu juga yang terjadi pada film besutan Vincenzo Natali.







Film Kanada yang dirilis pada 9 Maret 2013 ini menceritakan mengenai Lisa (Abigail Breslin) dan keluarga yang menempati sebuah rumah. Nah awalnya biasa saja. Sampai akhirnya, Lisa merasa tak beres dengan rumah yang dihuni keluarganya itu. Sebabnya, ia merasa hari-hari di rumah itu selalu sama. Selalu saja merasakan peristiwa yang sama berulang kali. Seperti pakaian yang mendadak menghilang. Ataupun perkataan ayah atau ibunya yang selalu sama.

Segala misteri itu terjawab saat ia memainkan sebuah alat musik tiup. Terdengar suara yang memanggil-manggilnya. Berikutnya, di tengah malam, ia merasa tengah diikuti. Mungkin karena perasaan yang berkecamuk, ia mengikuti instingnya untuk menyelidiki keanehan di rumah itu. Dan ternyata memang benar. Dulunya rumah itu memiliki penghuni yang bisa dibilang psikopat. Namanya Edgar. Edgar inilah yang selama ini menjadi kawan bermain dari adiknya, Robbie. Dulunya Edgar membunuh secara biadab kedua orangtuanya. Ia juga pelaku sebetulnya dari menghilangnya seorang gadis bernama Frances Nichols.

Ternyata misteri di rumah itu tak hanya satu. Peristiwa yang Lisa alami juga terjadi bertahun-tahun kemudian. Dialami oleh keluarga seorang gadis sebaya yang bernama Olivia. Karena kelakuan ayahnya yang aneh, dan Olivia pikir karena dirasuki oleh arwah penasaran Edgar, Lisa terpaksa harus menangani misteri tersebut. Dari Olivia juga, Lisa sadar bahwa dirinya dan keluarganya telah lama meninggal.

Film ini memang membingungkan alurnya. Sekiranya baru menjelang akhir cerita, kalian akan mengerti sepenuhnya jalan ceritanya. Tambah membingungkan lagi untuk kalian yang tidak percaya dengan dunia mistik. Namun sebagai film horor, "Haunter"ini cukup sukses. Vincenzo Natali begitu lihai dalam memainkan efek suara. Nuansa horor malah lebih datang dari efek suara daripada efek visual. Jujur saja, cukup sedikit penampakan makhluk astral yang ditampilkan. Akting para pemain juga cukup meyakinkan. Dan film ini punya beberapa twist yang membuatnya harus ditonton oleh kalian semua. Twist-twist itulah yang akan bisa membuat kalian terperangah.

Mungkin bagi penggemar film-film horor, alurnya begitu klise. Ada yang mengatakan, "Haunter" agak mirip "The Conjuring". Tapi tetap saja, film ini begitu direkomendasikan. Selain menyuguhkan twist-twist, permainan angle-nya juga cukup menarik perhatian. Sepertinya sang sutradara berusaha menutupi beberapa kelemahan dengan permainan angle yang luar biasa dan kemampuan akting beberapa pemain.

RATE: 90






Genre: Horor, Misteri, Thriller 
Sutradara: Vincenzo Natali
Pemain: Abigai Breslin, Samantha Weinstein, David Knoll, Eleanor Zichy, .....
Bahasa: Inggris
Durasi: 1 jam 37 menit





No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.