"Harmony" : Harmonisasi dari Balik Jeruji Besi






Pernahkah terbayang, para narapidana di penjara itu sebetulnya tak sepenuhnya pelaku? Yah bisa saja mereka itu korban, sebetulnya. Itulah yang coba ditunjukan oleh Harmony, film besutan Kang Dae-kyu ini.

Sumber: Wikipedia
Film yang dibintangi oleh sejumlah aktris seperti Kim Yoon-jinYoung-nam JangJin-hyeok Chahingga Soo-jin Jang ini menceritakan tentang kehidupan di balik jeruji besi. Ada seorang ibu hamil yang terpaksa membunuh suaminya, karena tak tahan disiksa. Ada seorang istri yang menabrak mati suaminya karena diselingkuhi. Ada juga seorang gadis yang terpaksa mengakhiri ayah tirinya karena hendak diperkosa. Dan masih banyak 'korban' lainnya yang harus merasakan pahitnya hidup di satu area saja sepanjang harinya. Mereka semuanya itu harus menanggung akibat dari perbuatan mereka yang tak dipikir dahulu. 


Tapi di antara semua itu, ada dua napi yang bikin kita termehek-mehek. Adalah Hong Jeong-hye dan Kim Mun-ok. Hong itu wanita hamil yang dipenjara karena membunuh suaminya sendiri yang selalu menyiksanya. Melihat dirinya yang harus melahirkan dalam penjara, gemas sendiri menatap kejamnya hukum. Kemana mata si hakim? Kenapa harus menjatuhkan hukuman penjara pada Hong? Tidakkah menyelidiki lebih dahulu, alasannya membunuh si suami? Di sini, aku melihat Hong itu sebagai korban dari ketidakadilan sosial. Memang sih, Hong juga bersalah. Dia tak mampu menahan emosinya. Posisinya dilematis. Tidak melawan, fisiknya jadi korban. Melawan, seluruh raga dan jiwa... yah harus berada dalam kerangkeng. Begitulah juga yang dialami si gadis muda yang diperkosa ayah tirinya. Dilematis.

Kim Mun-ok. Seorang istri dan juga guru musik yang menghancurkan karirnya dan hubungannya dengan si putri karena tak mampu menahan emosinya yang dibayangi kebencian dan sakit hati karena diduakan oleh sang suami yang berselingkuh dengan perempuan muda. Saking api sudah membara, ia menabrak mati suami dan selingkuhannya tersebut. Sang anak, kelak, baru bisa menerimanya saat dirinya mengikuti sebuah acara paduan suara. Penjara yang nantinya akan mengeksekusi dirinya jadi bintang tamu spesial di acara tersebut.

Nah terkait acara paduan suara itu, semuanya berawal dari keinginan Hong yang ingin membuat suatu kegiatan positif untuk para napi yang sehari-harinya menjalani saat-saat membosankan. Di samping itu juga, terbersit juga di pikirannya untuk meminta kompensasi pada pengurus penjara tersebut untuk memberikannya satu hari libur jika kelakuannya baik. Permintaannya terkabul. Karena dorongan itulah, Hong gencar membentuk satu paduan suara. Awalnya kesulitan memang membentuk paduan suara itu. Sulit menemukan kesatuan hati dan suara yang bagus. Hingga akhirnya, seiring berjalannya waktu, paduan suara penjara itu jadi terdengar oleh dunia luar dan diundang ke sebuah acara.

Dan di sela-sela latihan demi acara tersebut, Hong dirundung duka. Anak yang dilahirkannya itu, Min Woo dibawa pergi darinya untuk diasuh keluarga lain. Hatinya perih. Sebab suatu saat nanti, dia tak akan bisa lagi bertemu Min Woo. Min Woo tak akan pernah tahu siapakah ibu kandungnya yang asli. Min Woo hanya bisa terakhir kali bertemu dirinya saat acara itu secara tak langsung. Ibu tirinya hanya bisa membawanya untuk bertemu ibunya dari kejauhan dan tempat yang tersembunyi.

Tapi acara itu memang sebuah berkah sih untuk para napi yang terlibat dalam paduan suara itu. Masing-masing dari mereka--kecuali Hong--menemukan kebahagiaan mereka sendiri. Kim Mun-ok bisa menemui anaknya lagi menjelang eksekusinya. Si gadis yang membunuh ayah tirinya itu akhirnya mau menemui ibunya yang selalu berjalan seharian di luar penjara. Si napi gendut bisa bertemu pria yang disukainya. Dan ada juga seorang ibu yang akhirnya bertemu dengan anak-anaknya.



RATE 95 / 100

Genre: Drama
Produser: Kim Nam-Su, Yoon Je-Kyun, Jae-Won Jeong
Sutradara: Kang Dae-kyu 
Pemain: Kim Yoon-jinYoung-nam JangJin-hyeok Chahingga Soo-jin Jang
Bahasa: Korea
Durasi: 115 menit
Tanggal Rilis: 28 Juni 2010



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.