"A Barefoot Dream" : Bersama Meraih Mimpi





source
Film yang disutradarai oleh Kim Tae-Gyun ini katanya sih, berdasarkan kisah nyata. Tentang seorang mantan pesepakbola bernama Kim Won-Kang (diperankan oleh Park-Hee soon) yang setelah gagal jadi atlet sepakbola, lalu putar haluan jadi pebisnis. Namun bisnisnya gagal dan untuk menghibur hatinya, ia bertualang ke sebuah negara baru nan kecil bernama Timor Leste. Di sana, ia sebetulnya terlibat bisnis juga. Tapi entah mengapa, ia malah jadi berurusan dengan sepakbola dan jadi pelatih sebuah tim tarkam yang isinya bocah-bocah Timor Leste dari kalangan bawah. Ia mau melatih mereka, karena kegigihan mereka menekuni sepakbola; walaupun bertelanjang kaki dan bermain di lapangan yang tak begitu bagus.

Awalnya, Kim mengalami kesulitan dalam menekuni karir barunya. Banyak sekali hambatan yang dilaluinya. Salah satunya itu, konflik internal dalam timnya. Ramos dan Motavio punya dendam pribadi. Apalagi situasi di Timor Leste sempat memanas. Terjadi kerusuhan yang mengakibatkan salah seorang turis Korea luka parah. Belum lagi, saat muncul berita tak enak soal dirinya dan menyebabkan dirinya terancam dideportasi ke Korea. Sebetulnya dia sempat jatuh dan hendak kembali ke kampung halamannya. Namun pemain-pemain yang dilatihnya menyusulnya ke bandara dan memintanya jangan kembali. Ia luluh dan mati-matian memperjuangkan agar tim yang dilatih bisa pergi ke Jepang dan ikut turnamen. Berhasil sih, akhirnya. Malah mereka sukses menembus tingkatan yang lebih tinggi lagi.

Kalau kata IMDb, film ini hanya dapat skor 7,1. Pas menonton filmnya, bisa maklum. Soalnya beberapa pemain, aktingnya buruk. Seperti sedang baca naskah dan penghayatannya kurang. Selain itu, kadang penggunaan bahasanya patut dipertanyakan. Sebetulnya, bahasa apa sih yang kebanyakan digunakan di Timor Leste? Si Pelatih Kim berbicara dalam bahasa Indonesia, tapi kadang-kadang diselipi bahasa Inggris dan Timor Leste saat berbicara dengan masyarakat sekitar. Beberapa tokoh Timor Leste juga sama. Kadang Inggris, kadang Indonesia, dan kadang Timor Leste. Keren sih terlihatnya, tapi jadi membingungkan. Belum lagi bagian pas turnamen di Jepang-nya. Angle-nya agak mengecewakan. Pusing melihatnya. Namun demikian, secara alur, film ini lumayan sukses bikin aku memberikan nilai 7,5.

Tapi tetap film ini harus disimak. Bagus banget buat memotivasi agar tetap tidak gampang menyerah. Segala sesuatunya mungkin, apalagi kalau bersama-sama, plus kalau disertai kerja keras. 



RATE 75 / 100


Sutradara: Kim Tae-Gyun Writer: Kim Kwang-Hoon
Produser: Kim Tae-Gyun, Yoo Jung-Hoon, Kim Joon-Jong
Pemain: Park Hee-soo, Ko Chang-se
Tanggal Rilis: 10 Juni 2010
Durasi: 121 menit
Genre: Drama 
Bahasa: Korea

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.