"Eikyuu Shushoku Shiken": Sebuah Parodi tentang Omiai (Perjodohan)





Ah sudah lama sekali Nuel tidak menonton dan me-review satu dorama Jepang. Lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaa sekali. Terakhir itu habis bahas "Nozoki Ana" yang bikin otot bawah tegang setegang-tegangnya. Eh itu baru ada sebulan yah? Ha-ha-ha. 

Dan sekarang, Nuel mau bahas satu dorama yang... yah bisa dibilang lucu dan agak-agak konyol. Judulnya: "Eikyuu Shusoku Shiken". Dari picture yang Nuel pasang saja, sudah tahu kan tentang dorama ini? Jadi, dorama ini bercerita tentang seorang bujangan tajir bernama Kotaro Morioka yang lagi cari istri, yang kesemuanya itu harus dilakukan demi harta orang tuanya. Maka, terpaksa Kotaro bikin proyek bernama MKOP (Morioka Kotaro's Omiai Project).  Padahal Kotaro pengin jadi single selamanya. Terpaksa deh, hingga datanglah tiga kontestan awal, yaitu Sachiko Shiraishi (29 tahun), yang berniat menikah untuk menghapus kesialan yang dia derita; Aya Morikawa (23), yang katanya ingin memberikan kebahagiaan buat Kotaro, padahal aslinya cuma mau harta Kotaro; dan Chiemi Tachibana (39),  yang dari usianya sudah tahu, dong, kenapa dia ikutan. Nanti di tengah-tengah cerita, muncul kontestan baru, bernama Sakurai Miu, yangt ternyata teman masa kecil Kotaro yang dijanjikan Kotaro bakal dinikahi. Sayang Kotaro lupa dan rada ilfil lihat Miu yang jadi gendutan.

Dari scene demi scene-nya, drama ini memang parodi. Setting-nya murni di dalam studio--seluruh episode. Pace-nya cepat sekali, karena tujuannya yah buat menghibur. Kalau disuruh cari value dari drama ini, apa yah? Sepertinya tak ada. Kan ini memang sitkom, benar-benar situation commedy, bisa ada, bisa tidak ada moralnya. Tergantung yang menyimaknya juga. Dari episode pertama sampai terakhir, drama ini kocak sekali. Luar biasa konyol. Sangat menghibur. Oh mungkin kalau diminta mencari nilai moralnya, ada di bagian episode terakhir, saat Kotaro menolak seluruh kontestan dan malah memilih wanita pelayan  yang selama ini sudah sangat membantu berjalannya MKOP itu. Mungkin mau menyampaikan bahwa ke mana pun mencari cinta, eh cinta ternyata ada di tempat sekitar kita. Tadinya begitu, sampai akhirnya Nuel dibanting saking berekspekstasi terlalu tinggi. Karena ternyata Kotaro ditolak juga dan MKOP pun diteruskan. Di situ asli bikin ngakak banget.

Ingat lho, jangan berharap ada kualitas di dalam drama ini. Jangan berharap aktingnya mumpuni tiap pemainnya, apalagi kualitas gambarnya, serta teknik pengambilan kameranya. Jangan berpikir ke sana. Ini kan cuma sitkom. Buat lucu-lucuan. Tapi masing-masing pemerannya itu aktingnya benar-benar mengundang gelak tawa, kok. Kalau butuh drama Jepang yang buat bikin ngakak dan menghilangkan stress, "Eikyuu Shushoku Shiken" jawabannya!




RATE: 80 / 100



Genre: Komedi-Romantis
Produksi: NTV
Distributor: NTV
Produser: 
Sutradara:
Pemain: Ren Kiriyama, Mana Mikura, Fujiko Kojima, Babazono Azusa,...
Bahasa: Jepang
Durasi: [sekitar satu jam tiap episodenya]
Jumlah Episode: 4
Tanggal Rilis: 16 Oktober 2015

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.