"Moshidora": Teori Manajemen Perusahaan untuk Klub Bisbol




Moshidora ini awalnya merupakan nama novel karangan Natsumi Iwasaki yang terbit Desember 2009. Judul novelnya, "Moshi koko yakyu no joshi maneja ga Dorakka no 'Manejimento' wo yondara" (What If a Female Manager of a High School Baseball Team Read Drucker's 'Management?). Terus dibikin versi anime-nya. Sukses tuh, lalu dibikin versi layar lebarnya. Atau menggunakan istilah orang Jepang, live action-nya. 


Film ini memang bisa dibilang debut Atsuko Maeda (ex) AKB48 sebagai
seorang aktris, alih-alih idol.
Film besutan Makoto Tanaka ini menceritakan mengenai seorang gadis SMA bernama Minami Kawashima (Pemerannya itu Atsuko Maeda alias Acchan, mantan member AKB48) yang menggantikan tugas sahabatnya, Yuki Miyata (Haruna Kawaguchi yang juga main di "Great Teacher Onizuka" versi 2012) sebagai manajer klub bisbol di SMA-nya. Si Yuki, karena penyakit yang dideritanya, tak bisa menjabat sebagai manajer. Dan karena persahabatan yang sudah akrab, Minami menerimanya. Bahkan begitu antusias sekali. Saking antusiasnya, ia pergi ke toko buku, mencari buku tentang manajemen, dan sepakat terhadap tawaran pengelola toko buku untuk membeli buku yang ditulis Peter Drucker.

Padahal buku Drucker itu tentang bagaimana me-manage sebuah perusahaan; bukan klub bisbol. Gara-gara itulah, ia sempat ditertawakan oleh salah seorang anggota klub bisbol. Tapi karena tekadnya yang kuat, juga pengaruh si pengelola toko buku yang bilang tak ada bedanya manajemen perusahaan dan manajemen klub bisbol, ia gigih mempraktekan ilmu dari Peter Drucker tersebut. Malah karena gigihnya, klub bisbol SMA-nya ingin dibuatnya menembus Koushien, sebuah kompetisi bisbol antar SMA yang paling bergengsi. Tak tanggung-tanggung, gelar juara langsung dibidik.

Demi mendukung ambisinya untuk membawa tim bisbol SMA Hodokubu menjuarai Koushien, berbagai macam cara ditempuh. Dari mengubah taktik dan skema permainan, berlatih bersama anggota klub Atletik, hingga melibatkan anggota klub Memasak dan anggota cheerleader club. Semuanya demi menjadi yang terbaik di Koushien. Anggota tim bisbol lainnya, awalnya pesimis, namun perlahan mulai terbakar semangatnya untuk merajai Koushien. Jadinya, mereka mati-matian berlatih.

Hanya saja, semangat Minami mulai kendor saat tahu fakta mengenai Yuki. Selama ini, ibunda Yuki merahasiakan soal penyakit anaknya. Ternyata penyakit Yuki sudah parah sekali. Yang bisa bikin Yuki bertahan itu Minami. Setelah Yuki berpulang, Minami jadi patah semangat. Tak bersemangat lagi jadi manajer klub bisbol, hingga memutuskan berhenti. Anggota tim bisbol lainnya jadi kecewa dan marah. Di sela-sela dirinya melengos begitu saja meninggalkan anggota lainnya dan dikejar Ayano Hojo (Minami Minegishi), Minami terjatuh sewaktu berlari pulang. Saat itulah, ia bermimpi bertemu Peter Drucker. Di sini, agak lucu - sebetulnya. Si Drucker bicara dengan Inggris, tapi bisa nyambung dengan Minami yang cakap Jepang. Dan kata-kata Drucker kembali menguatkannya dan balik lagi jadi manajer klub Bisbol. Ia kembali jadi manajer klub Bisbol, lalu menuju ke stadion dimana timnya bertanding untuk memperebutkan piala; mereka sudah sampai di final Koushien. Mungkin karena kehadiran Minami, para pemain jadi semangat dan gigih sekali bermain, hingga akhirnya jadi juara.

Mungkin akhir filmnya itu sedikit dipaksakan, tapi jika menonton dari awal, wah film ini sungguh menginspirasi sekali buat kita yang gigih meraih sesuatu. Akting Acchan di sini juga meyakinkan, padahal latar belakangnya itu anggota AKB48, seorang idol. Tak heran, ia pernah memenangi penghargaan sebagai aktris terbaik di ajang "Japanese Film Professional Awards" dalam film "Kueki Ressha". Totalitasnya berakting terlihat sekali. Begitu menjiwai dalam memerankan tokoh Minami Kawashima yang seorang introvert bermimpi besar.

Tak hanya Acchan, sutradaranya, Tanaka-sama juga punya andil dalam film Moshidora yang cukup apik ini. Sisi sinematografi digarap dengan baik, terlebih scene baseball game-nya. Untuk non-penikmat olahraga bisbol, tak usah takut tak mengerti alurnya. Karena Tanaka-sama membuat film ini bisa dinikmati siapapun, termasuk yang awam soal bisbol. Apalagi scene baseball game-nya juga tak terlalu mendetil; maksudnya tak terlalu mendominasi alur  filmnya. Ada satu hal yang menjadi nilai tambah film ini dan membuatnya jadi layak ditonton; salah satu quote yang diucapkan Ayano. Ayano berkata, "Kalau kita tidak lari, hasilnya pasti luar biasa."

Buat para wota AKB48 atau yang baru-baru saja ngidol, kayaknya kalau kalian butuh tontonan dengan salah satu pemainnya itu berasal dari member atau ex-member, film ini amat sangat layak ditonton. Yuk buruan cari free download film Moshidora ini. Kalau enggak, cari link streaming-nya saja. xD


RATE 80 / 100

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.