"Itazura na Kiss": Kamus Cinta Orang Jepang yang Kocak Abis!




Kotoko Aihara x Naoki Irie on Itazura na Kiss 1. 
Kedahsyatan komik-komik Jepang memang begitu melegenda. Luar biasa! Belum lepas dari ingatan kita bagaimana sebuah komik Jepang bisa menginspirasi munculnya drama televisi paling terkenal di era 2000-an awal. Yang tumbuh dan berkembang di era itu, pasti mengenal serial "Meteor Garden", yang mana para pria pemeran utamanya itu berasal dari sebuah boyband bernama F4, yang digawangi oleh Jerry Yen alias Dao Ming Shi.

Tak hanya "Hana Yori Dango" saja ternyata, masih banyak komik Jepang lainnya yang sukses menginpirasi insan-insan perfilman untuk mengangkatnya menjadi film atau setidaknya drama televisi. Salah satunya itu "Itazura na Kiss". Itu adalah sebuah komik Jepang yang kali pertama muncul pada tahun 1990; dan sudah berlangsung selama 23 volume. 

Komik dengan tokoh utamanya pecicilan itu ternyata sanggup meraih popularitas. Hingga pada tanggal 14 Oktober 1996, "Itazura na Kiss" diangkat ke layar televisi. Drama sembilan episode itu bahkan pernah tayang di Indonesia. Mungkin bagi yang sudah menyukai jejepangan di era 1990-an, pasti tahu nama stasiun televisi yang pernah menayangkannya. Indosiar dong. 

Tapi "Itazura na Kiss" versi 1996 masih jauh dari memuaskan. Pemeran utamanya itu berbeda jauh dari tokoh Kotoko yang berambut panjang. Di drama itu, Kotoko jadi berambut pendek sebahu. Plus, drama itu tak sampai pada kehidupan Kotoko-Naoki hingga menikah. 

Mungkin atas dasar itulah, "Itazura na Kiss" di-remake pada tahun 2013. Jumlah episode melar jadi enam belas episode. Ceritanya lebih menggigit. Hingga berlanjut ke sekuelnya, "Itazura na Kiss 2", yang mana menceritakan kehidupan pasca pernikahan dari Naoki Irie dan Kotoko Aihara. Beberapa tokoh yang ada di komiknya, perlahan demi perlahan mulai diperkenalkan. 

Pada Itazura yang kedua, muncul tokoh banci bernama Motoko-chan
Kalau di "Itazura na Kiss" yang pertama, kita hanya disuguhi sedikit dari sekian nama tokoh yang ada dalam komiknya. Kita hanya mengenal Jinko, Satomi, Kinnosuke (Cowok yang mengejar-ngejar Kotoko, yang sayangnya hanya cinta bertepuk sebelah tangan), orangtua Naoki, Yuki Irie, ayah Kotoko, Reiko, dan Sudou. Lingkupnya hanya terbatas di lingkungan sekolah dan kampus dimana Naoki dan Kotoko menempuh ilmu. Maka di sekuelnya, tokoh-tokoh lain di komiknya mulai berhamburan keluar. Mulai dari si Banci Motoko-chan, Keita Kimogari, Marina Shinagawa, hingga teman Kotoko yang haus melihat darah, Tomoko Ogura. 

Latar tak hanya di Tounan. Namun juga beberapa tempat lainnya. Cerita lebih kompleks (dengan ending yang cenderung maksain banget) daripada yang pertama. 

Oh iya, dulu penulis sempat membaca komentar salah satu penggemar dari "Itazura na Kiss" di salah satu situs streaming. Ada yang bilang bahwa "Itazura na Kiss" ini kamus cinta orang Jepang. Lantas, setelah pikir-pikir selama seabad, sepertinya ada benarnya juga. Dalam "Itazura na Kiss" ini, kita seperti mendapatkan banyak pelajaran soal cinta. Mulai dari soal mendekati target cinta, reaksi ketika ditolak, ngotot untuk terus mengejar, hingga bagaimana cara mempertahankan cinta yang sudah didapat. Semuanya itu terkandung dalam perjuangan Kotoko yang luar biasa dalam mendapatkan hati seorang Naoki. Kadang, demi cinta pula, seseorang rela melakukan atau mengubah dirinya. Seperti Kotoko yang rela belajar mati-matian demi Naoki. Atau saat Kotoko yang terpaksa masuk Tennis Club, lagi-lagi untuk Naoki. So sweet yah? 

Tak hanya itu, tokoh bernama Kinnosuke Ikezawa juga patut disimak. Cowok yang satu ini sudah menyukai Kotoko saat mereka berdua masih duduk di kelas 3F SMA Tounan. Walau tahu perasaan Kotoko untuk siapa, Kin-chan tetap membatu. Cowok yang jago memasak ini nyaris selalu ada saat Kotoko membutuhkan. Masa bodoh deh, jadi korban friendzone-nya Kotoko. Yang penting ia akan selalu ada untuk Kotoko. Mungkin saat Kotoko hilang perasaan ke Naoki, Kin-chan siap masuk untuk menggantikan. Omong-omong, tokoh seperti Kinnosuke yang tak masalah jadi korban friendzone ini sungguh too good to be true banget deh! Adakah yang seperti ini di dunia nyata? 

Berbeda dengan kebanyakan komik Jepang tentang cinta-cintaan yang cenderung menye-menye, "Itazura na Kiss" ini jauh. Walau unsur romance-nya cukup kental, drama yang untuk versi 2013 ini tokoh Kotoko-nya diperankan oleh Miki Honoka, malah sedikit jauh dari kesan menye-menye. Malah drama ini cenderung konyol dan kocak. Meskipun ada beberapa bagian yang membuat kita jadi tertegun. Dan bagian-bagian itu (yang bikin tertegun maksudnya) tak berlebihan. Cukup natural dan  terasa manis (dan mungkin romantis) terlihatnya. Anyway, penulis sedang membicarakan "Itazura na Kiss" versi Miki Honoka, lho; bukan yang bersi 1996.

Pada "Itazura na Kiss" yang pertama, ada bagian di mana Kotoko dan Sudou membuntuti Naoki dan Matsumoto-san yang tengah jalan bareng. Di luar itu, Kin-chan juga ikut, tapi untuk mengawasi Kotoko; sayangnya ia salah tempat, karena dirinya malah nyasar ke bioskop 17++. Nah di saat tengah membuntuti itulah, Kotoko diganggu oleh cowok brengsek, yang mana Sudou malah tidak membantu. Yang akhirnya malah menolong itu Naoki. Ternyata Naoki sadar tengah diikuti. Makanya bisa tahu kalau Kotoko tengah diganggu. Luar biasa! Saat kita dibikin terpingkal dengan aksi mata-mata Kotoko dan Sudou, eh selanjutnya kita dibikin terpana oleh aksi heroik Naoki. Dan itu baru salah satu contohnya. 

Contoh lainnya lagi pada sekuelnya. Saat Kotoko berusaha mati-matian menjadi perawat yang baik untuk dr. Naoki yang ikemen (cowok tampan, red) abis. Bikin ngakak sih, lihat kelakuan Kotoko yang berkali-kali merusak konsentrasi Naoki dalam membedah pasien sendirian saja. Tapi juga bikin termenung. Sebegitu besarnya rasa cinta Kotoko untuk seorang Naoki. Sampai-sampai berusaha menahan rasa jijiknya akan darah. 

Walaupun demikian, dari yang pertama hingga yang kedua, sepertinya kita hanya disuguhi oleh perjuangan cinta seorang Kotoko. Jika melihat tokoh Naoki, sepertinya tampak cowok dingin itu kurang begitu menyukai Naoki. Namun tahan dulu. Itu hanya anggapan awal. Kalau kita tonton baik-baik, sebetulnya Naoki itu juga cinta sama Kotoko. Hanya saja Naoki memilih untuk menyampaikan rasa sukanya di jalan yang sunyi, yang mana bahkan Kotoko perlu menajamkan pendengaran untuk bisa mendengarnya. 

Kalau diingat-ingat lagi, baik yang pertama maupun yang kedua, ada satu moral penting dalam "Itazura na Kiss". Itu ialah kesabaran dalam membentuk sebuah kisah asmara. Perjalanan cinta itu memang tak perlu tergesa-gesa. Sabar saja sembari terus menyampaikannya ke target cinta. Diabaikan atau ditolak? Lanjut terus pantang mundur. Tetap gigih, karena kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. 

By the way, ternyata selain diadaptasi ke sebuah drama Korea berjudul "Playful Kiss" dan drama Taiwan, "It Started with a Kiss", drama yang tokoh utama prianya diperankan oleh Yuki Furukawa ini ternyata diadaptasi juga ke dalam sebuah sinetron berjudul "Cowok Impian" yang dimainkan oleh Ayudia Bing Slamet dan Marcel Chandrawinata.

Tambahan, dan sebagai penutupnya, "Itazura na Kiss" ini mungkin satu-satunya drama yang berasa Korea sekali. Jauh lebih mirip drama Korea ketimbang drama Jepang. Apa pasal? Biasanya drama-drama Jepang itu jarang sekali yang memiliki soundtrack yang lumayan catchy terdengar. Soundtrack-soundtrack-nya itu kebanyakan hanya sebagai pengiring yang angin lalu begitu saja. Nah, "Itazura na Kiss" ini beda. Itu baru salah satu contohnya. Kalau kalian hobi menonton drama Jepang, pasti tahu yang penulis maksudkan. 


RATE: 95 (untuk yang pertama), 85 (untuk yang kedua)


Genre: Komedi, Romance
Produksi: Fuji TV
Sutradara: Koto Nagata (untuk yang pertama), Kazuya Konaka dan Takashi Ninomiya (untuk yang kedua)
Pemain: Miki Honoka, Yuki Furukawa, Yuki Yamada,...
Bahasa: Jepang
Subtitle: Inggris
Jumlah Episode: 16 (untuk yang pertama), 18 (untuk yang kedua)
Durasi per Episode: 60 menit
Tanggal Rilis: 29 Maret - 19 Juli 2013 (untuk yang pertama), 24 November 2014 - (untuk yang kedua)

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan! Komentar-komentar yang bermuatan negatif akan dihapus.